Cerita Kehamilan Trimester Kedua

Welcome trimester kedua … Nggak kerasa ya sudah masuk 4 bulan saja nih kehamilan saya. Rata-rata ibu hamil sepakat kalau trisemester kedua ini adalah masa yang paling menyenangkan. Why …? Pada bulan keempat ini janin sudah menempel kuat dirahim jadi rasa takut kalau keguguran karena flek atau janin tidak dapat berkembang atau pikiran lainnya sudah mulai berangsur-angsur berkurang. Pikiran aneh-aneh tentang takut janin kenapa-kenapa mulai menghilang :”).

 

Namun ada suatu kejadian yang membuat saya ketar-ketir pada saat kehamilan memasuki bulan  keempat ini. Pada  suatu sore saya keluar menggunakan motor untuk mengambil barang kiriman disuatu agen pengiriman barang yang sudah ternama. Pas sudah mau nyampai ditempat dan saya sudah menyalakan lampu sein, tiba-tiba seorang laki-laki muda dengan kecepatan motor yang cukup tinggi menyerobot dari belakang. Saya pun ragu untuk membelok dan motor dari belakang pun kaget nggak sempat mengerem, akhirnya motor saya pun tumbang kesenggol.  Akhirnya saya pun juga terjatuh, tapi Alhamdulillah saya tidak mengalami luka-luka yang cukup berat cuma lecet-lecet saja  dibagian kaki dan  pingang  sebelah   kiri. Yang parah malah pengendara motor yang menyerobot saya dari  belakang, pada  bagian kaki dan tangan mengucur  darah ditambah lagi dia pernah jatuh dari pohon yang mengakibatkan tangannya patah. Nah kejadian ini sepertinya mengakibatkan pengaruh pada tanganya tersebut.

Beruntung warga setempat cepat membantu kami, dan kamipun segera bisa menghubungi keluarga untuk membantu menyelesaikan  dan memberikan pertolongan.

Memang dari luar saya tidak mengalami luka yang cukup berat namun kejadian ini sempat menimbulkan shock terlebih lagi ada janin yang berada dalam kandungan  saya, saya khawatir akan memberikan efek pada kandungan saya. Malamnya saya minta diantarkan suami untuk pergi ketukang pijit,  namun karena usia kehamilan saya yang baru memasuki bulan keempat jadi  tukang piatnya tidak  berani memijat perut  saya, cuma diipegang-pegang saja. Kata tukang pijatnya insya Allah  tidak apa-apa. Hati saya pun agak mulai tenang.

Saat saya kontrol kebidan tekanan darah saya normal, dan berat badan saya bertambah dari bulan sebelumnya menjadi 50 kg. Namun saat diperiksa perut saya janinnya agak kurang terdengar denyut  jantungnya, kata bidannya janinnya masih ada cuma mungkin kaget saja. Selama tidak ada flek atau pendarahan insya Allah tidak apa-apa, namun supaya lebiih meyakinkan lagi periksa ke dokter kata bidannya. Dan saya diberi suntikan penguat janin oleh bu bidan.

Untuk lebih meyakinkan lagi  saya pun pergi ke rumah sakit untuk diperiksa dokter kandungan. Setelah mengantri dan menunggu cukup lama tibalah giliran saya, pas dicek tekanan darah saya normal dan saat di USG Alhamdulillah janinnya baik-baik saja.  Saya pun dikasih obat penguat dan vitamin untuk menjaga bayi dalam kandungan.

Foto Ketika Mengantri Di Rumah Sakit

Dibulan keempat ini nafsu makan saya tidak mengalami perubahan yang cukup berarti,  namun kadang masih merasa mual-mual kalau mencium aroma yang aneh-aneh. Bagi ibu-ibu hamil yang memasuki trimester kedua sebaiknya banyak minum air putih dan minum susu khusus ibu hamil  serta jangan lupa untuk mengkonsumsi buah-buahan (biasanya ibu-ibu hamil suka sembelit.

 

Pada bulan keempat ini dimulai dari minggu ke-13 konsepsi (minggu ke-15 HPHT) sampai minggu ke-16 konsepsi (minggu ke-18 HPHT). Dalam agama Islam pada bulan ini bayi dalam kandungan sudah ditiupkan nyawa/ ruh. Janin sudah memiliki fungsi kekebalan tubuh, sudah ada rambut-rambut halus, makin aktif bergerak dan mulai mendengar. Jadi sebaiknya kita ajak ngobrol dan diperdengarkan ayat-ayat suci al-qur’an kedinding perut bayi secara rutin. Anak-anak saya juga sudah saya ajarkan untuk menyapa, mengelus-elus dan mencium adiknya yang ada dalam perut, so  sweet banget deh…  Ini bisa untuk merangsang kecerdasannya, karena 1000 hari pertama kehidupan itu yang penting adalah nutrisi dan stimulasi .

Ini cerita kehamilan saya trimester kedua. Doain sehat-sehat yaaaa :* Happy pregnancy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *